About

Searching...
Sunday, April 15, 2012

BNPB: Rangkaian Gempa, Terdeteksi Tsunami Satu Meter

10:13 PM
 Tsunami terdeteksi satu meter dalam rangkaian gempa di Aceh dan Sumatera.

Demikian disampaikan DR. Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, seperti dilaporkan Faiz Fajarudin reporter Suara Surabaya, Kamis (12/4/2012).

Menurut Sutopo, gempa bumi 8,5 SR yang terjadi pada Rabu (11/4/2012) pukul 15:38:33 WIB di 346 km Baratdaya Simeuleu Aceh telah diikuti gempa susulan sebanyak 16 kali. 

Gempa pertama dengan 8,5 SR yang diikuti 5 kali gempa. Sedangkan gempa 8,8 SR pada pukul 17:43:06 WIB di 483 km Baratdaya Simeuleu telah diikuti 11 kali gempa. 

Kata Sutopo, dengan gempa bumi itu BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini tsunami. Bukan hanya BMKG, PTWC (Pacific Tsunami Warning System) pun di Hawaii juga mengeluarkan tsunami travel times.

Potensi tsunami juga berlaku bagi Malaysia, India, Srilanka, Myanmar dan lain-lainnya. 

Berdasarkan pantauan data terkini Pasang surut dari Bakosurtanal terjadi kenaikan muka laut (tsunami) di Lahewa (Nias Utara) = 1 m, dan Meulaboh = 1,02 m. Sedangkan dari BMKG dilaporkan pada pukul 17.00 WIB terdeteksi tsunami di Sabang 0,06 m, dan di Meulaboh (17.04 WIB) = 0,8 m (BMKG).

Berdasarkan laporan dari beberapa daerah ke Posko BNPB di beberapa daerah tidak terjadi tsunami. Meskipun gempabuminya terjadi besar, namun tsunami yang ditimbulkan tidak besar. 

Hal ini berdasarkan analisis beberapa pakar gempa dari ITB dan AIFDR yang disampaikan kepada BNPB, gempa disebabkan mekanisme gempa bersumber dari sesar geser. Bukan sesar naik (bukan mega trust) sehingga potensi tsunami tidak terlalu besar. 

Sutopo menjelaskan lokasinya di bagian luar dari daerah pertemuan lempeng (outer rise earthquake). Kejadian gempa 8,5 SR yang diikuti dengan gempa 8,8 SR, dua jam kemudian terjadi di bagian lempeng Indo Australia. Makin menjauhnya gempa ke barat maka potensi tsunami juga berkurang.

"Sistem peringatan dini tsunami telah berjalan dengan baik. Demikian juga kesiapan masyarakat yang langsung merespon melakukan evakuasi ke tempat-tempat tinggi telah dilakukan," kata dia. 

Pengumuman evakuasi dilakukan dari berbagai media seperti masjid dan gereja. Hingga saat ini belum ada korban jiwa. Ada 4 orang luka ringan di Simeulue

0 comments:

Post a Comment