About

Searching...
Saturday, April 11, 2015

Terima Kasih Tidak Memanjakanku

6:53 PM


Dalam kehidupan, seseorang yang sangat berperan dalam proses kehidupanku. Kesabaran dan ketelatenannya mendampingi, mendukung dan membimbingsaat saya sedang terpuruk tiada bandingannya. Ia orang tuaku yang tersayang. Merekalah yang paling berperan dan berpengaruh dalam kehidupaku sampai sekarang ini. Merekelah yang telah membuatku bisa melihat matahari yang nan indah dipagi hari. Dalam kehidupanku, mereka bukan hanya menjadi orang tua sesungguhnya akan tetapi juga menjadi teman curhat dan penasihat.
Meski keluarga saya tanggal didaerah yang sedikit jauh dari keramaian kota, mejalani kehidupan dizaman sekarang sungguh sangat rentan terhadap hal-hal yang negatif. Disitulah orang tua saya sangat mewanti-wanti agar saya tetap dijalan yang telah diarahkan sejak mereka memilih untuk menikah. Bahkan dalam kehidupan tidak jarang mereka membuntuti saya kemana arah dan kegiatan apa yang saya lakukan. Hal itu saya ketahui ketika saya menginap dirumah teman, namun saya tidak pamitan padannya. Ketika saya pulang saya diintrogasi habis-habisan. Mulai dari kemana saya pergi, kenapa tidak izin, sampai apa saja yang saya
kerjakan. Sejak saat itu, saya selalu meminta izin kemanapun saya ingin pergi. Hal ini saya lakukan hanya untuk memastikan orang tua saya tahu apa yang terjadi dengan anaknya diluar sana. Namun tidak berarti bahwa saya menjadi anak mami atau papi. Kerena yang saya lakukan hanya bakti saya. Saya piker ini tidak kelewatan sampai menjadikan saya sebagai anak yang manja.
Melihat saya berkehidupan seperti itu, orang tua saya juga tidak menutup mata akan hal yang terjadi dengan saya. Sebagai contoh, mereka setia mendengarkan curhatan hati saya ketika saya mengalami benturan dalam kehidupan. Baik berurusan dengan pendidkan saya pergaulan dan hal lainnya. Bahkan tidak jarang saya meminta nasihat   dengan cara curhat ditengah malam. Hal ini saya lakukan hanya sebagai bentuk agar saudara saya yang lain tidak mendengar apa yang saya katakana dengan orang tua saya. Baik itu dengan dengan ibu ataupun bapak. Meski begitu ada juga hal yang saya sampaikan secara terbuka didepan saudara yang lain. Dikarenakan mereka juga keluarga saya. Dengan begitu paling tidak mereka munkin juga dapat membantu memberikan soluis sekaligus membantu orang tua dalam menyelesaikan masalah saya tersebut. Demikian juga yang terjadi dengan anggota keluarga saya yang lain.
Pengamat Kehidupan
Keluarga saya hidup sebagai petani. sekolahnya hanya lulusan SD. mereka lebih banyak belajar dari pengalaman dan sekolah di kehidupan nyata. mereka suka memperhatikan dan mempelajari karakter orang-orang disekitarnya dan mengamati perjalanan hidup mereka, baik yang sukses maupun yang belum.
Hasil dari pengalaman dan pengamatannya itulah yang ayah bagikan padaku. Ketika memberi saran atau nasihat, biasanya mereka membuat perbandingan dengan sebuah peristiwa atau cerita yang terjadi di sekitar kami, agar saya lebih mudah mencerna maksud dari nasihatnya. Bahkan tidak jarang memberikan contoh dalam bentuk nyata. Yaitu dalam bentuk penyebutan nama sebagai sosok bandingan dan pelajaran.
Begitu pula ketika mereka mencoba memahami derita psikisku. Setelah mendengarkan curhatku dengan sabar, lalu mencoba menganalisa apa yang saya alami danku rasakan dengan pengalaman pribadinya atau dengan hasil pengamatannya terhadap karakter orang-orang yang dikenalnya. Setelah itu baru menggambarkan hasil analisa tentang derita psikisku dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna. Sampai pada akhirnyapun saya harus mengangguk setuju dengan nasihat  nya yang sejuk itu.
Keluarga selalu memberikan nasihat-nasihat  apa yang sebaiknya saya lakukan dan yang tak boleh dilakukan. Salah satu nasihat yang selalu teringat adalah berbuatlah yang berguna bagi orang lain dan tegaslah terhadap apa yang kamu lakukan.
Keluarga Tidak Memanjakanku
Meski saya dapat kapan saja berbicara segala hal dengan keluarga, namun tidak berarti saya menjadi manja dan dimanjakan. Dengan kondisi fisik dan psikis yang masih labil, saya tetap diharuskan menjalani aktivitas sehari-hariku seperti biasa. Dari mulai belajar disekolah, mengaji sampai membantu bekerjaannya di ladang dan sawah harus tetap saya jalani dengan disiplin. Ayah juga mengajarkan dan mengarahkanku untuk mandiri dan tak bergantung kepada orang lain.
Demikian besar pengaruh kelurga dalam kehidupan, namun saya baru mampu mengucapkan terima kasih untuk semuanya sampai saat ini. Terima kasih keluarga, ibu, ayah kakak adik.  engkau adalah sahabat, teman curhat, penasihat dan matahari pagiku. Tanpa dukungan, bimbingan dan dorongan semangat dari keluraga sekalian, saya tidak yakin dapat melihat indahnya matahari pagi.
Tentu saja dalam keluarga, seorang ayahlah yang lebih banyak memberikan intruksi kepada setipa anaknya. Maka dari itu, Ibu memang lebih banyak diam, tidak banyak bicara dan aktif seperti ayah. Namun dibalik diamnya saya merasakan perhatian, cinta dan kasih sayang ibu yang menenteramkan jiwa.  Saya tidak akan pernah bisa membalas cinta kasih dan budi baik ayah dan ibu yang luar biasa. Hanya Allah yang bisa membalas cinta dan kebaikan mereka berdua. Terima kasih ayah dan ibu, terima kasih. Hanya itu yang bisa saya ucapkan. Karena Tak ada kata-kata yang bisa mewakili rasa terima kasihku kepada mereka berdua. 
Next
This is the most recent post.
Older Post

5 comments:

  1. TErimakasih sudah berbagi. Sudah dicatat, ditunggu ya pengumumannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Teriam kasih Kemabali.
      senang rasanya dapat berbagi sesama.
      Soal Pengunguman saya tetap menunggun. insyaAllah saya jadi PEMENANG

      Delete
  2. Baik Teriam kasih Kemabali elfarizi.
    senang rasanya dapat berbagi sesama.
    Soal Pengunguman saya tetap menunggun. insyaAllah saya jadi PEMENANG

    ReplyDelete
  3. Ada award nih sekaligus pengumuman Elfrize. Cek, ya, kawan-kawan :)

    http://elfarizi.wordpress.com/2012/10/30/akhirnya-ini-dia-pemenangnya/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih, saya telah membacanya dengan seksama, dan hasilnya ya........

      kedepan kalau ada hal yang dapat saling membantu bisa...

      Delete