About

Searching...
Thursday, March 29, 2012

Kekerasan dalamKampanye Pilkada

8:09 PM


 Harapan banyak tokoh nasional dan lokal agar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) Provinsi Aceh berlangsung damai ternoda. Perusakan alat peraga dan pemukulan terhadap anggota tim sukses mewarnai hari ketiga masa kampanye pemilihan kepala daerah gubernur-wakil gubernur Aceh, bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota di daerah itu.


Pilkada gubernur-wakil gubernur dan 17 pasang bupati-wakil bupati serta wali kota-wakil wali kota akan digelar serentak di Aceh pada 9 April 2012. Ia mengatakan, pada Jumat (23/3) malam, telah terjadi perusakan empat mobil milik tim sukses kandidat gubernur-wakil gubernur pasangan Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan.
Menurutnya, keributan berawal ketika salah seorang tim sukses Irwandi-Muhyan Tgk Munzir hendak memasang baliho di Desa Kareueng, Kecamatan Kuala, Bireuen, namun dilarang oleh sekelompok orang yang mengaku dari tim sukses kandidat lainnya.
Ia mengatakan, merasa tidak puas tim sukses pasangan calon pimpinan daerah itu kemudian menuju posko wilayah Balee Setui dan merusak empat mobil.
Oki juga menyebutkan pada Rabu (23/3) terjadi pemukulan terhadap calon Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) M. Fakhruddin yang dilakukan oknum salah satu partai lokal saat bersilaturahim di rumah Rahman (30), warga Desa Ie Mirah, Kecamatan Babahrot.
Ia mengatakan oknum kader partai lokal itu bernama Saudin (35), warga Desa Pante Rakyat, Kecamatan Babahrot, sebelum memukul kandidat Bupati Abdya sempat terjadi perdebatan. Aksi kekerasan itu akhirnya berhasil diredam warga.
Pada hari yang sama juga terjadi penyerangan terhadap tim sukses "Seuramoe" Irwandi-Muhyan di Desa Dayah, Kecamatan Lhoksukon oleh sekelompok orang. Aksi tersebut mengakibatkan Ayah Ih (50), warga Desa Tuha, Kecamatan Syamtalira Bayu mengalami benjol di bagian kepala dan Muzakir (30) ,warga Desa Blang Biduk juga luka di punggung akibat tusukan benda tajam.


0 comments:

Post a Comment